Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mengenal Lebih Dekat Lead Climbing, Speed Climbing, dan Bouldering

 

Panjat Dinding
Photo by Unsplash

Olahraga panjat dinding selalu menawarkan tantangan tersendiri. Panjat dinding bisa menjadi alternatif sebagai pembentuk otot tubuh. Selain itu nyali anda akan diuji dalam olahraga ini.

Olahraga panjat dinding selain menjadi alternatif untuk kebugaran fisik juga menjadi salah satu olahraga yang dikompetisikan.

Ada beberapa kategori kompetisi panjat dinding yang harus Anda ketahui. Berikut ini macam-macam kategori yang biasa dilombakan dalam ajang kompetisis panjat dinding.

1. Lead Climbing

Kategori lead climbing, pada kategori ini pemanjat akan dikaitkan pada ujung rope. Pemanjat harus memanjat dari bawah dengan mengailkan tali pengaman ke quickdraw yang sudah terpasang pada jalur runner. Terlahir yang dipasang pada jalur pemanjat menjadi puncak atau biasa disebut top point. Penilaian pada kategori ini ditentukan oleh titik tertinggi yang dicapai oleh pemanjat dengan catatan waktu tercepat.

2. Speed Climbing

Kategori speed climbing ini dua pemanjat beradu kecepatan dalam memanjat untuk mencapai top point yang sudah ditentukan. Ada tiga jenis yang diperlombakan yaitu speed track, speed classic, dan speed world record.

3. Bouldering

Bouldering adalah kategori olahraga seni panjat dinding atau tebing yang tidak terlalu tinggi tanpa tali pengaman ataupun harnes, hanya anda matras dibawah untuk mengantisipasi pemanjat yang terjatuh. Dinding yang digunakan tidak terlalu tinggi sekitar 2-5 meter saja. Seperti halnya lead climbing, kecepatan dan perolehan poin yang menjadi penilaian. Selain itu pemanjat juga bisa mengulang pemanjatan meski sudah terjatuh dengan syarat waktu yang diberikan belum habis.

Indonesia juga memiliki segudang atlet panjat dinding. Kategori panjat dinding yang menjadi andalan timnas Indonesia adalah speed world record.

Post a Comment for "Mengenal Lebih Dekat Lead Climbing, Speed Climbing, dan Bouldering"