Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Istilah dan Role Pemain Sepakbola Part 2

Istilah dan Role Pemain Sepakbola Part 2


Dalam Part 2 ini akan membahas mengenai macam-macam role Gelandang (Midfielder) dan Penyerang (Striker).

Pemain Tengah/Gelandang (Midfielder)

Gelandang (midfielder) adalah pemain tengah yang bertugas membantu pertahanan di area tengah lapangan agar pemain lawan tidak semakin masuk kedalam area bertahan. Pemain tengah juga bertugas meneruskan bola dari pemain belakang ke pemain penyerang. Selain itu pemain tengah juga bertugas menacari celah untuk masuk ke area pertahanan lawan agar dapat mencetak gol.

Seperti halnya role pemain lainnya, pemain tengah juga terbagi dalam beberapa posisi. Untuk lebih lengkapnya bisa disimak dibawah ini.

1. Center Midfielder

Center Midfielder posisinya berada di tengah-tengah lapangan dan memiliki tugas untuk membantu penyerangan sekalih=gus merebut bola dari kaki lawan. Selain itu tugas center midfielder juga mengontrol alur permainan.

2. Defensive Midfielder Center

Defensive Midfielder Center posisinya berada di belakang garis gelandang. Tugas dari DMC ini fokus untuk membantu pertahanan, namun saat diperlukan juga DMC akan melakukan serangan dengan melancarkan long shoot untuk mengancam gawang lawan. Pada role ini pemain harus memiliki kemampuan marking dan tackling yang bagus.

3. Anchorman

Anchorman atau bisa juga disebut Holding Midfielder. Tugas dari pemain ini adalah sebagai lapis pertama pertahanan yang merussak konsentrasi serangan lawan. Pemain pada posisi ini dibutuhkan kempauan marking, decision, dan stamina yang bagus.

4. Box To Box Midfielder

Box To Box Midfielder yang biasa disingkat BBM merupakan gelandang yang punya kemampuan bertahan dan menyerang. Pada role ini pemain harus memiliki kemampuan passing, teknik, tackling, dan stamina yang bagus. Selain itu postur tubuh tinggi dan besar juga akan memberi manfaat tersendiri terutama saat adu kekuatan dengan lawan.

5. Ball Winning Midfielder

Ball Winning Midfielder bertugas untuk mengacaukan lini tangah lawan dan merusakan ritme permainan lawan. Dibutuhkan stamina dan determinasi tinggi dalam posisi ini.

6. Deep Laying Playmaker

Deep Laying Playmaker harus bisa mengatur serangan dan mencari celah agart tim bisa menembus pertahanan lawan. Dalam role ini pemain sangat memerlukan skill passing yang baik, keeping ball, ball control yang bagus juga agar bisa mengalirkan bola pada penyerang.

7. Advanced Playmaker

Advanced Playmaker adalah role yang lebih agresif dari pada DLP. Pemain dalam posisi ini membutuhkan skill passing, kreativitas, dribbling, dan stamina yang kuat. Tugas dari AP adalah mengatur serangan di daerah pertahanan lawan.

8. Wide Midfielder

Wide Midfielder merupakan gelandang yang ditempatkan pada sisi sayap. Wide Midfielder hanya beroprasi pada sisi lapangan dan sering memberikan umpan silang kepda penyerang di kotak pinalty.

9. Attacking Midfielder

Attacking Midfielder berada diantara striker dan gelandang tengah. Posisi ini memungkinkan pemain untuk mengatur serangan sekaligus pencetak gol. Pemain dalam posisi ini dibutuhkan kreativitas, dribbling, dan passing yang bagus.

Penyerang (Striker/Forward)

Selanjutnya adalah penyerang atau forward, merupakan pemain yang bertugas untuk mencetak gol. Pemain ini berada di posisi depan dan paling dekat dengan area pertahanan lawan. Ada beberapa istilah untuk penyerang ini, simak dibawah ini.

1. Winger

Winger berada sedikit didepan Wide Midfielder dan tugasnya hampir sama dengan Wide Midfielder. Hanya saja perbedaanya Winger memerlukan skill dribbling yang bagus agar dapat melewati pemain bertahan lawan dan selanjutnya memberi umpan silang ataupun passing kepada penyerang.

2. Inside Forward

Seperti halnya Winger, namun memiliki perbedaan dalam peran. Jika Winger lebih sering di tepi lapangan, Inside Forward lebih cenderung menusuk kedalam pertahanan lawan dengan dribble dan umpan trobosan kepada penyerang. Pemain dalam posisi ini memerlukan akurasi passing yang baik, finising, dan teknik.

3. Trequartista

Trequartista berada diposisi antara gelandang dan penyerang. Dalam posisi ini pemain membutuhkan skill individu, dribbling, passing, dan kreativitas. Selain itu finishing yang baik juga diperlukan untuk menghasilkan gol.

4. Defensive Forward

Defensive Forward bertugas sebagai pencetak gol, playmaker untuk membantu lini tengah menyalurkan serangan. Selain itu pemain dalam posisi ini juga diberi tugas untuk membantu pertahanan apabila timnya dalam tekanan dari lawan.

5. Deep Laying Forward

Deep Laying Forward cenderung lebih kebelakang untuk menjemput bola. Diperlukan stamina, long shoot, dan teknik yang baik untuk posisi ini. DLF juga harus mampu menahan bola agar rekan-rekan lainnya dapat maju untuk membantu serangan.

6. Poacher

Poacher bertugas untuk membuka ruang untuk rekan-rekannya dan membuat celah agar rekannya memberi umpan trobosan kepadanya. Dibutuhkan finishing yang baik dalam posisi ini.

7. Advance Forward

Advance Forward biasanya berdiri sejajar dengan bek lawan sambil menunggu umpan matang dari rekan-rekannya. Dibutuhkan insting mencetak gol dan kecepatan yang tinggi dalam hal ini. Selain itu AF juga memerlukan teknik, ketenangan, dan pergerakan tanpa bola yang baik.

8. Target Man

Target Man identik dengan postur tubuh yang tinggi, besar, dan kuat untuk menahan bola serta memenangi duel dilini pertahan lawan. Dengan keunggulan fisiknya Target Man akan membuka ruang untuk rekan setimnya. Di posisi ini diperlukan kekuatan fisik, lompatan, heading, stamina, dan finishing yang baik.

9. Complate Forward

Complete Forward merupakan tipikal striker yang serba bisa dalam memainkan semua peran striker yang ada. Untuk dapat menjalakan peran ini pemain harus memiliki kemampuan dribbling, teknik, passing, heading, jumping, fisik, dan ketenangan.

Post a Comment for "Istilah dan Role Pemain Sepakbola Part 2"