Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Apa Saja Yang Dilakukan Pemain Sepakbola Saat Tes Medis


 

Tes Medis (Medical Check Up) merupakan proses dimana pemain yang akan dibeli oleh suatu klub harus menjalani tes kesehatan dan kebugaran badan. Ada banyak rangkaian proses pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter klub untuk mengetahui semua tentang kesehatan dan kebugaran pemain.

Ada beberapa rangkaian tes medis yang harus dilewati oleh calon pemain sebelum bergabung secara resmi dengan klub barunya. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan di bawah ini.

1. Pengujian Stamina

Sepakbola adalh olahraga yang menuntut stamina yang kuat. Untuk itu proses pertama yang dilakukan pemain adalah pengujian stamina. Dimana pemain akan berlari diatas treadmill dan dipasang alat seperti masker yang berguna untuk mengukur ketahanan stamina pemain. Tes ini bernama VO2 Max.

2. Pengujian Otot

Yang kedua ada tes pengujian otot atau tes biodex. Sebelum melakukan tes biodex, pemain malakukan pemanasan terlebih dahulu. Selanjutnya pemain akan duduk diatas kursi dan kaki pemain diharuskan untuk mendang dengan kuat. Tes ini bertuajuan untuk menilia otot paha atas dan paha bawah pemain apakah mengalami masalah atau tidak.

3. Echocardiography

Echocardiography adalah tes kesehatan otot jantung. Selain itupemeriksaan ini juga dilakukan untuk mengetahui seberapa baik ruang dan katup jantung bekerja.

4. Tes Tulang dan Pegerakan

Dalam tes ini mengharusakan pemain melakukan gerakan yang akan memperlihatkan pemain tersebut mudah mengalami cedera atau tidak. Para fisioterapis akan menganalisa apakah pemain berpotensi mengalami cedera parah atau ringan.

Pemain yang sudah melakukan rangkaian tes medis akan dibuatkan laporan yang menyatakan pemain tersebut layak atau tidak untuk bergabung dengan klub yang membelinya. Tentunya setiap klub tidak mau menanggung resiko jika pemain yang dibelinya mudah cedera dan mengalami gangguan kesehatan lainnya.

Post a Comment for "Apa Saja Yang Dilakukan Pemain Sepakbola Saat Tes Medis"