Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Bisnis Online: Pengertian, Jenis, dan Manfaat

Bisnis Online: Pengertian, Jenis, dan Manfaat

 

Saat ini bisnis online semakin banyak peminatnya. Selain mendatangkan keuntungan, mengelola bisnis online juga tidak terlalu sulit. Tidak harus memiliki tempat yang luas, lokasi yang setrategis.

Namun tahukah kamu pengertian, jenis, dan manfaat dari bisnis online itu sendiri? dalam artikel ini kami akan mengulas mengenai hal tersebut, simak sampai akhir ya.

Pengertian Bisnis Online

Pengertian bisnis online adalah pekerjaan atau usaha dalam bidang penjualan dan jasa yang memanfaatkan internet. Anda bisa menjual berbagai jenis produk barang maupun jasa melalui bisnis online ini.

Ada yang menarik dari kegiatan bisnis online ini, dimana para pegiat bisnis online tidak memerlukan toko atau tempat berjualan khusus seperti halnya pada bisnis offline. Anda dapat menjalankan bisnis melalui sosial media, marketplace, ataupun web online shope Anda sendiri. Konsumnennya pun tak terbatas wilayah,  bisa dari luar wilayah bahkan bisa dari luar negeri juga.

Jenis Bisnis Online

Bisnis online juga terbagi dalam beberapa macam jenis sesuai dengan platform yang digunakan oleh penjual. Berikut ini penjelasannya.

1. Bisnis Online di Media Sosial

Fungsi dari media sosial saat ini tidak hanya untuk sarana bersosialisasi. Tapi juga dapat digunakan untuk bisnis online.

Platform media sosial yang digunakan untuk bisnis online pun beragam. Ada yang menggunakan akun pribadi, ada juga yang menggunakan akun bisnis dalam praktiknya.

Calon konsumen tinggal memilih foto dari produk yang ditawarkan dalam media sosial tersebut. Bila konsumen berminat membeli maka akan menghubungi melalui pesan pribadi pada media sosial yang dibagikan.

2. Bisnis Onlien di Marketplace

Marketplace merupakan platform perantara antara penjual dan pembeli. Memulai bisnis di marketplace cukup mudah dan gratis. Anda hanya cukup memilih marketplace mana yang akan digunakan untuk bisnis online atau Anda ingin menggunakan semua jasa marketplace untuk bisnis online juga bisa. Anda tinggal membuat akun, pasang foto produk beserta deskripsi dan harganya, lalu tunggu pembeli datang untuk bertransaksi.

Namun Anda harus bersabar untuk mendapatkan pelanggan. Jika diperlukan Anda juga bisa mengiklankan bisnis anda di media sosial atau bisa juga dengan jasa iklan berbayar seperti Google Ads dan lainnya.

Marketplace di Indonesia yang cukup ternama seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli, dan lainnya bisa digunakan untuk menjual produk Anda.

3. Bisnis Online di Website

Para pegiat bisnis online tidak hanya menggunakan applikasi media sosial dan marketplace untuk menunjang penjualan produknya. Bagi pebisnis yang sangat serius dalam bisnis online mereka juga akan membuat toko di website.

Website memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh aplikasi media sosial dan marketplace. Dengan website pebisnis online dapat memperluas pemasaran, memiliki kebebasan desain, dan juga branding yang lebih baik.

Manfaat Bisnis Online

1. Minim Modal

Yang pertama adalah minim modal, tentunya ini sangat menguntungkan apalagi untuk yang baru memulai bisnis. Bisanya memulai bisnis haruslah memiliki modal yang besar dan watktu yang lebih untuk merancang segala kebutuhan bisnis. Selain itu bissnis secara konvensional juga mengharuskan penjaulnya memiliki showroom tersendiri. Namun kini Anda hanya tinggal menentukan apa yang ingin Anda jual melalui platform media sosial, website, ataupun marketplace.

2. Waktu Kerja Fleksibel

Bisnis online memiliki waktu yang fleksibel. Anda bisa menentukan watktu kerja dengan fleksibel mulai dari jam dan hari. Dan tak jarang bisnis online menjadi pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

3. Jangkauan Pasar Lebih Luas

Dengan adanya bisnis online, toko Anda menjadi lebih luas jangkauannya, tak ada batas wilayah. Hal ini cukup memberi manfaat untuk bisnis Anda. Membuat banyak pelanggan dari berbagai wilayah. Bahkan bisa juga pelanggan dari luar negeri.

Selain memiliki manfaat, bisnis online juga memiliki tantangan tersendiri. Dimana kompetisi atau persaingan bisnis akan lebih ketat. Tak hanya itu keamanan dalam kejahatan online atau biasa disebut cybercrime juga menjadi tantangan para pebisnis online.

Dalam dunia internet dan teknologi pastinya mengalami perkembangan yang sangat cepat. efeknya bagi pebisnis online yang tidak siap dalam perkembangan dunia digital maka akan ketinggalan dari kompetitornya.

Anda yang berkecimpung dalam dunia bisnis online harus konsiten dan rutin belajar mengenai ilmu bisnis online. Mulai dari teknologi, pemasaran, perubahan kebutuhan pasar, perilaku konsumnen, dan lainnya.

1 comment for "Bisnis Online: Pengertian, Jenis, dan Manfaat"

  1. Keren gan. Sukses selalu ya. Saya juga sedang mendalami bisnis online

    ReplyDelete