Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Fakta Menarik Wahyana, Wasit Bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020 Asal Indonesia

 

Wahyana, Umpire

Wahyana, pria asal Sidomulyo, Godean, Sleman, Yogyakarta ini mencuri perhatian pecinta bulutangkis Indonesia. Pasalnya, ia ditunjukkan sebagai pengadil dalam final Olimpiade Tokyo cabang olahraga bulutangkis.

Dari banyaknya wasit yang dipanggil dalam Olimpiade Tokyo 2020. Wahyana dipercaya untuk menjadi pengadil dalam perebutan medali emas cabang olahraga bulutangkis antara Cheng Yufei vs Tai Tzu Ying.

Tentunya ini menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia. Karena ada satu putera bangsa yang dipanggil untuk menjadi wasit dalam turnamen internasional ini. 

Berikut fakta menarik dari Wahyana yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Seorang Guru

Wahyana yang kini berusia 54 tahun ini merupakan lulusan fakultas olahraga IKIP Yogyakarta (sekarang UNY). Saat ini ia berprofesi sebagai guru olahraga di SMP Negeri 4 Patuk. Selain itu ia juga menjabat wakil kepala bagian kurikulum.

2. Mantan Atlet

Wahyana juga pernah menjadi atlet voli putra DIY. Namun karena cedera engkel yang parah ia memilih berhenti menjadi atlet voli.

3. Menjadi Wasit Sejak 1998

Profesi wasit Wahyana, ia geluti sejak 1998. Ketika itu ia memulai karier dari hakim garis. Meresa menikmati, akhirnya ia mengikuti ujian kompetensi wasit nasional hingga internasional.

4. Wasit Senior

Wahyana lulus akreditasi wasit tingkat Asia di Kuala Lumpur, Malaysia pada tahun 2006. Sedangkan pada tahun 2012 ia lulus BWF Accreditation. Saat ini Wahyana adalah wasit internasional senior di Indonesia.

5. Pengurus Pusat PBSI

Selain menjadi wasit dilapangan, Wahyana juga menjadi bagian dari pengurus pusat PBSI. Ia menjadi Subid Perwasitan di PBSI Pusat.

Post a Comment for "Fakta Menarik Wahyana, Wasit Bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020 Asal Indonesia"