Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Invoice: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Invoice: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya


Bagi Anda yang sering melakuakan jual beli terutama transaksi jual beli online, tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya invoice. Namun masih banyak yang belum mengerti tentang fungsi dari invoice ini, sehingga banyak yang mengabaikannya.

Pengertian Invoice

Secara umum Invoice adalah dokumen yang isinya berupa penagihan pembayaran dari pihak penjual kepada pembeli. Dokumen penagihan pembayaran tersebut memuat informasi secara detail dari nama toko, nama pembeli, harga barang, detail produk, dan lainnya.

Invoice menjadi penanda bahwa transaksi yang Anda lakukan sudah dibayar lunas, dan nantinya pembeli tinggal menghubungi pihak seller agar segera diproses pesanannya. Selain itu lewat invoice pembeli juga bisa melihat detail produk yang dibeli, jumlah pesanan, waktu pembayaran, dan lainnya.

Fungsi Invoice

Invoice merupakan dokumen yang penting untuk setiap bisnis kecil maupun besar. Karena dengan adanya invoice ini akan membantu perusahaan dalam memperlancar transaksi jual beli. Fungsi dari invoice akan dijelaskan pada tulisan dibawah ini.

1. Tanda Keterangan Pembelian Barang atau Jasa

Invoice memuat informasi yang lengkap mengenai produk dan jasa yang dibeli oleh konsumen, sehingga konsumen bisa mengetahui pakah produk atau jasa yang dibelinya tersebut sudah sesuai dengan yang dipesan oleh konsumen itu sendiri.

2. Keterangan Jumlah Tagihan Yang Perlu Dibayar

Invoice memuat informasi yang lengkap mengenai jumlah tagihan dan termin yang harus dibayar oleh konsumen. Dengan demikian perusahaan atau toko yang menyediakan barang dan jasa bisa melihat apakah konsumen sudah membayar sepenuhnya atau masih ada hutang yang perlu dibayar.

3. Sebagai Rujukan Yang Sah

Invoice dapat digunakan sebaigai rujukan atau media pemberi informasi untuk memperkuat suatu pernyataan dengan tegas atara kedua belah pihak, penjual dan pembeli. Dengan rujukan ini agar tidak ada kesalah pahaman antara kedubelah pihak.

Selain itu fungsi rujukan dari invoice juga untuk kasus tertentu seperti perusahaan memiliki fraktur pajak, dan seperti keslahan dalam pengiriman barang atau penghitungan jumlah tagihan. Maka perusahaan berhak menggunakan invoice sebagai rujukan masalah tersebut.

Jenis Invoice

1. Invoice Biasa

Invoice biasa adalah invoice yang berisi informasi tentang rincian barang, jumlah pesanan, harga barang, dan total yang harus dibayarkan. Invoice jenis ini merupakan yang paling sederhana dan paling banyak digunakan.

2. Invoice Proforma

Invoice jenis ini hampir sama dengan invoice biasa. Perbedaannya invoice ini bersifat sementara ketika barang yang dibeli oleh konsumen belumdikirim sepenuhnya oleh penjual. Namun jika barang sudah dikirim, invoice biasa akan diberikan kepada konsumen sebagai ganti untuk invoice proforma.

3. Invoice Konsuler

Invoice jenis ini hanya digunakan untuk kegiatan perdangan skala internasional atau kegiatan ekspor-impor. Invoice konsuler memuat persetujauan dari wakil negara yang melakukan kegiatan impor yang ada di negara pengekspor.

Post a Comment for "Invoice: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya"