Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mengenal Lebih Dekat Co Founder, CEO, Owner, Dan Founder

 

Bisnis
Image by Freepik

Perusahaan yang profesional tentu memiliki struktur organisasi untuk mendefinisikan tanggung jawab dan peran setiap individu yang bekerja dalam perusahaan tersebut. Pada perusahaan multinasional sering terlihat di papan struktur organisasi ada istilah COO, CEO, Founder maupun Owner dan lain sebagainya.

Istilah nama dalam jabatan tersebut memiliki makna berbeda serta hak jabatan dan tanggung jawab yang berada juga.

Untuk lebih mengenal lagi, lihat penjelasan di bawah ini.

Mengenal Lebih Dekat Co Founder, CEO, Owner, Dan Founder

1. Founder

Founder adalah pencetus ide atau pendiri perusahaan. Sedangkan jika lebih dari satu orang makan bisa disebut dengan Co-Founder. Jadi Co-Founder ini adalah rekan yang bekerja sama dengan Founder.

2. Owner

Owner jika diterjemahkan berarti adalah pemilik. Owner lebih mengarah pada pemilik perusahaan dan menjadi penerima manfaat terbesar dari perusahaan atau dengan kata lain owner adalah pemilik mayoritas saham di perusahaan.

3. CEO

CEO berasal dari kata Chief Executive Office atau bisa disebut juga direktur perusahaan. Jabatan CEO ini diangkat oleh komisaris atau beberapa kelompok dalam perusahaan.

Tugas dari CEO adalah memimpin dan mengawasi kegiatan di perusahaan. CEO diharapkan kemampuannya dapat bertindak cepat dan tepat untuk memperkecil risiko bisnis.

Dalam memimpin perusahaan CEO juga membutuhkan C level lain untuk menjadi wakilnya yang bertanggungjawab kepada operasional dan pemasaran perusahaan atau bisnis.

Semua jabatan yang telah dibahas di atas adalah jabatan tertinggi di perusahaan. Penamaan pada setiap perusahaan dapat berbeda-beda. Misal penamaan jabatan Chief Marketing Officer atau CMO, bisa jadi di perusahaan lain memakai nama Kepala Bagian Pemasaran.

Post a Comment for "Mengenal Lebih Dekat Co Founder, CEO, Owner, Dan Founder"