Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

8 Jenis Desain Grafis Yang Sebaiknya Anda Tahu

image by pexels
 

Desain grafis adalah proses mengombinasikan typography, ilustrasi, fotografi, dan cetak untuk tujuan persuasif. Desain grafis juga dikenal dengan sebutan desain komunikasi visual. Disebut desain komunikasi visual karena peran desain grafis dalam menyampaikan informasi kepada audiens dengan sentuhan visual.

Selain itu desain grafis sering dikategorikan sebagai commercial art yang merupakan perpaduan antara seni rupa dan komunikasi untuk tujuan bisnis.

Di era digital ini perkembangan desain grafis sangat berkembang dengan pesat. Maraknya industri kreatif dan perdagangan secara digital membuat desain grafis menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan.

Jika Anda adalah desainer grafis pemula atau orang yang mencari layanan desain grafis untuk bisnis. Sebaiknya memahami jenis desain grafis dan perbedaannya. Karena ini akan membantu Anda dalam menemukan keterampilan yang tepat untuk pekerjaan dan bisnis Anda.

8 Jenis Desain Grafis dan Perbedaannya

1. Desain Identitas Visual

Desain identitas visual adalah desain komunikasi visual yang membentuk identitas dari suatu perusahaan, lembaga, dan produk. Desain identitas visual digunakan untuk membedakan suatu produk atau jasa yang dimiliki suatu perusahaan untuk membedakannya dengan perusahaan lain.

2. Desain User Interface

Desain User Interface (UI) adalah bagaimana pengguna berinteraksi dengan perangkat lunak atau aplikasi. Desain UI berfokus pada pengalaman visual pengguna dan desain elemen grafis di layar seperti tombol, menu, dan lainnya. Desainer UI bertugas untuk menyeimbangkan daya tarik dan estetika dengan fungsi teknis.

3. Desain Grafis Pemasaran dan Periklanan

Suatu perusahaan tentunya memiliki produk yang ingin dikenal oleh konsumen atau pengguna. Maka perusahaan memerlukan desain visual dalam pemasaran dan periklanan yang bertujuan menarik perhatian konsumen untuk membeli dan menggunakan jasa atau produk perusahaan tersebut.

4. Desain Publikasi

Desain publikasi sering juga disebut dengan industri media cetak. Desain grafis yang mengkhususkan diri di bidang publikasi biasanya bekerja sama dengan editor dan penerbit untuk membuat desain tata letak dengan typography, fotografi, grafis dan ilustrasi.

5. Motion Grafis

Motion grafis adalh penggabungan antara ilustrasi, fotografi, video grafi, dan typography dengan teknik animasi gerak. ini mencakup animasi, audio, tipografi, citra, video, dan efek lainnya yang digunakan dalam media online, televisi, dan film.

6. Desain Kemasan / Desain Produk

Sebagian besar produk memerlukan bentuk kemasan untuk melindungi dan menyiapkannya untuk penyimpanan, distribusi, dan penjualan.

Desainer kemasan atau desain produk dapat membuat konsep, mengembangkan maket, dan membuat file siap cetak untuk suatu produk. Karena desain kemasan menyentuh banyak disiplin maka tidak jarang desainer kemasan juga membuat aset lain untuk produk berupa fotografi, ilustrasi, dan identitas visual.

7. Desain Grafis Lingkungan

Desain grafis lingkungan secara visual menghubungkan orang ke tempat-tempat untuk meningkatkan pengalaman mereka secara keseluruhan dengan membuat suatu tempat mudah diingat, menarik, informatif dan mudah dinavigasi.

8. Seni dan Ilustrasi Desain Grafis

Desainer seni dan ilustrasi desain grafis membuat karya seni asli. Pada umumnya seniman akan menggunakan teknik dasar seni rupa yang dikembangkan sesuai dengan media dan ciri khas mereka. Dalam prosesnya ilustrator berfokus pada interpretasi kreatif tanpa batasan bentuk, media, ruang, dan waktu.

Post a Comment for "8 Jenis Desain Grafis Yang Sebaiknya Anda Tahu"