Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Amalan Doa Mendaki Gunung, Pendaki Muslim Harus Hafal

 

Amalan Doa Mendaki Gunung, Pendaki Muslim Harus Hafal

Mendaki gunung adalah aktivitas yang paling menyenangkan bagi pecinta petualangan. Gunung memang menawarkan pemandangan yang masih alami, indah, dan menyegarkan. Menikmati pemandangan alam dari puncak membuat hati damai.

Namun mendaki gunung merupakan kegiatan yang cukup berisiko. Sehingga membutuhkan pengalaman dan persiapan yang matang. Persiapan tersebut dari fisik, mental, dan logistik.

Saat mendaki gunung kita tidak ada yang tahu  peristiwa apa yang akan terjadi selama perjalanan. Sehingga kita harus membaca doa untuk kelancaran dan mendapat perlindungan dari Allah SWT. Berikut ini beberapa doa yang bisa kita hafal dan amalkan saat mendaki gunung.

Amalan Doa Mendaki Gunung, Pendaki Muslim Wajib Hafal

1. Doa Sebelum Melakukan Perjalanan

Sebelum meninggalkan rumah untuk melakukan aktivitas termasuk mendaki gunung, sebaiknya berdoa terlebih dahulu. Adapun doanya sebagai berikut.

بِسْمِ اللَّهِ تَوَکَّلتُ عَلَى اللَّه و لَاحَولَ وَ لَاقُوَّةَإلَّابِااللَّهِ

Bismillahi tawakaltu alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illa billaahi

Artinya: Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah.

2. Doa Agar Terhindar Dari Ketersesatan dan Disesatkan

اللَّهُمَّ إنِّى أعُوذُ بِكَ أنْ أضِلَّ أوْ أُضَلَّ أوْ أزِلَّ أوْ أزَلَّ أوْظلِمَ أوْ أُظلَمَ أوْ أجْهَلَ أوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

Allahumma a'udzubika an andhila aw azilla aw uzalla aw adhlama aw udlima aw ajhala awa yujhala alyya

Artinya: Ya Allah aku berlindaung kepada Mu dari ketersesatan atau disesatkan, tergelinciran atau digelincirkan, mendzalimi atau didzalimi, dan membodohi atau dibodohi.

3. Doa Agar Terhindar dari Keburukan Ketika Berpergian

اللَهُمّ إنِّا نَعُوْذُ بِكَ مِنْ وَعثَاءِ السَفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوْءِ الْمُنْقَلَبِ في الْمَالِ والأهْلِ وَالوَلَدِ

Artinya: Ya Allah kami berlindung dengan nama Mu dari kelelahan dalam berpergian, pemandangan yang buruk, dan perubahan yang buruk pada harta, keluarga, dan anak-anak.

4. Mengucap اللَّهُ أکبَر ketika perjalanan naik

5. Mengucap سُبحَانَ اللَّه ketika perjalanan turun

Dengan mengamalkan bacaan doa tersebut berarti kita sudah memohon perlindungan kepada Allah SWT selama dalam perjalanan menuju lokasi pendakian, saat pendakian gunung, dan dalam perjalanan pulang.

Post a Comment for "Amalan Doa Mendaki Gunung, Pendaki Muslim Harus Hafal"