Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Begini Etika Yang Harus Ditaati Oleh Pendaki Gunung

 

Begini Etika Yang Harus Ditaati Oleh Pendaki Gunung

Mendaki gunung tentunya menjadi pengalaman berpetualang tersendiri. Namun ada hal yang harus dipahami selama perjalanan pendakian tersebut, salah satunya adalah etika dalam pendakian gunung.

Etika tersebut harus Anda terapkan dan taati ketika dalam perjalanan pendakian gunung. Apa saja etika yang harus ditaati oleh pendaki gunung? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Begini Etika Yang Harus Ditaati Oleh Pendaki Gunung

1. Tidak Keluar Jalur Pendakian

Adanya kasus hilangnya pendaki disebabkan karena keluar dari jalur pendakian. Oleh karena itu untuk meminimalkan risiko tersesat, cara paling aman adalah dengan berjalan mengikuti petunjuk yang sudah disediakan. Selain itu pendaki juga bisa menyewa pemandu atau membawa orang yang sudah hafal jalur pendakian.

2. Jangan Terpisah Dari Rombongan

Selain keluar dari jalur pendakian. Usahakan jangan sampai terpisah dari rombongan dan mencoba memisahkan diri dari rombongan.

3. Tidak Merusak Alam dan Membunuh Satwa Liar Dilindungi

Pendaki Gunung wajib menjaga kelestarian alam. Jangan merusak alam dan membunuh satwa liar yang dilindungi. Selain dapat merusak ekosistem pada gunung yang didaki, merusak alam dan membunuh satwa di area pendakian juga dapat melanggar hukum pidana.

4. Tidak Mengubah Arah dan Melakukan Vandalisme

Jangan mengubah arah atau petunjuk pada jalur pendakian dan jangan melakukan kegiatan vandalisme. Karena dapat merusak keindahan juga dapat menyebabkan risiko menyesatkan bahkan membahayakan pendaki lain.

5. Jangan Membuang Sampah Sembarangan

Jangan pernah membuang sampah sembarangan. Terutama jenis sampah yang tidak mudah terurai. Karena dapat merusak pemandangan dan juga membahayakan bagi satwa penghuni gunung. Selain itu membuang sampah seperti puntung rokok yang tidak dimatikan bara apinya juga dapat menyebabkan kebakaran.

Post a Comment for "Begini Etika Yang Harus Ditaati Oleh Pendaki Gunung"