Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Perbekalan Wajib Saat Mendaki Gunung Pada Suhu Dingin

 

Perbekalan Wajib Saat Mendaki Gunung Pada Suhu Dingin

Perbekalan saat mendaki gunung haruslah disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada, terutama untuk menghadapi suhu yang dingin di gunung.

Suhu dingin di gunung kadang dianggap sepele bagi pendaki, namun suhu dingin bisa menjadi ancaman yang serius bagi keselamatan para pendaki. Untuk menghadapi suhu dingin di gunung ada perbekalan yang wajib dibawa oleh para pendaki tentunya. Simak penjelasan berikut ini.

Perbekalan Wajib Saat Mendaki Gunung Pada Suhu Dingin

1. Jaket

Jaket merupakan perbekalan yang wajib dibawa oleh pendaki gunung. Jangan asal pilih jaket, pilihlah jaket yang tebal dan hangat. Selain itu jaket juga harus tahan dari air, angin, dan udara dingin.

Jaket sendiri tidak harus dikenakan saat perjalanan pendakian, karena suhu tubuh pendaki akan meningkat ketika melakukan perjalanan pendakian.

Pendaki dapat mengenakan jaket saat berada di area camp atau ketika suhu di gunung sudah terlalu dingin untuk pendaki sendiri.

2. Baju Ganti

Ketika pendakian dilakukan pada musim hujan, pendaki wajib membawa baju ganti. Yang harus diperhatikan dalam membawa baju ganti ataupun barang yang mudah basah, usahakan untuk memasukkan ke dalam kantong plastik. Fungsinya untuk menghindari baju ganti dari basah.

Gantilah baju yang Anda pakai ketika sudah basah. Agar suhu tubuh tetap stabil dan dalam kondisi hangat. Untuk menghangatkan kepala Anda bisa menggunakan topi pelindung kepala, penutup kuping, ataupun dengan kupluk. Lalu untuk tangan dan kaki, bisa menggunakan kaos tangan dan kaos kaki, pilihlah bahan yang hangat dan tebal.

3. Sleeping Bag

Dalam keadaan suhu yang sangat dingin sleeping bag wajib dibawa oleh pendaki. Dengan sleeping bag, pendaki dapat menjaga kondisi tubuh tetap hangat ketika sedang istirahat dan tidur. Sleeping bag dirancang untuk satu orang, jadi usahakan setiap pendaki membawa untuk dirinya sendiri.

4. Matras

Matras merupakan perlengkapan yang wajib dibawa pendaki. Matras berfungsi untuk melindungi tubuh dari dinginnya tanah. Selain itu matras juga dapat digunakan sebagai alas duduk dan alas tidur.

5. Tenda

Pendaki wajib membawa tenda sebagai tempat berlindung, beristirahat, dan tidur. Selain itu tenda dapat melindungi para pendaki dari suhu dingin dan hujan di gunung. Sebaiknya dalam memilih tenda menyesuaikan dengan jumlah rombongan dan medan pendakian. Tenda juga yang berbentuk dome, alasannya tenda berbentuk kubah ini dapat menahan dingin, ringan, dan ringkas untuk disimpan di tas carrier.

6. Peralatan Masak

Perlengkapan lain yang wajib dibawa oleh pendaki adalah peralatan masak dan bahan masak. Peralatan masak dan bahan makanan untuk dimasak sangat berguna untuk mengisi tenaga pada tubuh pendaki.

Peralatan yang bisa dibawa yakni kompor lapangan, gas kaleng, dan cooking set. Anda dapat membuat memasak makanan dan membuat minuman hangat dengan peralatan masak. Mengisi energi yang hilang karena perjalanan pendakian.

7. Medical Kit

Peralatan yang terakhir adalah medical kit. Perlengkapan medis ini harus Anda bawa saat mendaki gunung. Peralatan ini sangat berguna ketika dalam keadaan mendasak. Isi dari perlengkapan medis biasanya sebagai berikut; obat antibiotik, kain kassa, obat merah, emergency blanket, kapas, dan obat-obatan lainnya.

Post a Comment for "Perbekalan Wajib Saat Mendaki Gunung Pada Suhu Dingin"