Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Mendaki Gunung Saat Musim Pancaroba

 

Tips Mendaki Gunung Saat Musim Pancaroba

Mendaki gunung saat musim pancaroba dapat dibilang lebih mudah daripada melakukan pendakian saat musim hujan yang cenderung rawan kecelakaan, yang dikarenakan curah hujan yang tinggi dan medan yang dilewati sangat berat.

Namun saat musim pancaroba angin bertiup sangat kencang, kemungkinan terjadinya badai cenderung tinggi, hujan juga bisa saja datang tiba-tiba. Selain itu kebakaran saat musim pancaroba juga dapat terjadi.

Agar pendakian Anda saat musim pancaroba lebih nyaman dan aman, berikut ini tips yang bisa Anda coba.

Tips Mendaki Gunung Saat Musim Pancaroba

1. Pilih Gunung Yang Tidak Rawan Kebakaran

Sebelum melakukan pendakian gunung, sebaiknya lakukan observasi terlebih dahulu. Pilihlah gunung yang aman didaki saat musim pancaroba. Hindari gunung yang banyak ilalang, karena ilalang saat musim kemarau akan kering dan mudah terbakar.

2. Hindari Aktivitas Yang Menyulut Kebakaran

Membuang puntung rokok sembarangan tanpa mematikan apinya dapat menyebabkan kebakaran di gunung. Sebaiknya simpan dalam tempat khusus puntung rokok Anda dan nantinya dibuang di tempat sampah, jangan membuangnya sembarang. Api unggun menjadi penyebab paling umum terjadinya kebakaran. Pastikan ketika membuat api unggun tetap dalam keadaan yang aman dan terkendali, jauhkan dari ilalang yang mudah terbakar.

3. Sediakan Jaket Berbahan Polar dan Windproof

Saat siang hari cuaca bisa terasa terik, namun angin akan bertiup kencang saat malam dan suhu akan menurun secara drastis. Siapkan Jaket berbahan polar dan windproof untuk menjaga tubuh tetap hangat dari terpaan angin dan suhu dingin di gunung.

4. Bawalah Kebutuhan Air Bersih Selama Pendakian

Pastikan Anda membawa kebutuhan air bersih yang cukup dalam pendakian. Air bersih sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain dapat mengurangi dahaga, air bersih juga bermanfaat untuk mencegah tubuh terkena infeksi dan meningkatkan metabolisme.

5. Simpan Nomor Telepon dan Radio Komunikasi Bascamp

Simpanlah nomor telepon dan radio komunikasi bascamp. Hal ini wajib Anda lakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan ketika dalam pendakian. Misal ketika terjadi bencana dan Anda membutuhkan pertolongan tim SAR, Anda dapat menghubungi dengan nomor telepon dan radio komunikasi tersebut. 

Post a Comment for "Tips Mendaki Gunung Saat Musim Pancaroba"