Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Jalur Pendakian: Gunung Merbabu Jalur Selo

 


Jalur Pendakian: Gunung Merbabu Jalur Selo
Image by wikimedia.org

Gunung Merbabu memiliki banyak pilihan jalur pendakian, salah satunya jalur pendakian via Selo. Selo merupakan desa yang berada di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Pendakian melalui jalur Selo ini Anda akan beberapa bascamp yang bisa Anda gunakan sebagai tempat transit, menitipkan kendaraan, dan sekaligus mendaftar pendakian. Tidak hanya itu Anda juga bisa memesan makanan dan minum di bascame.

Sebelum mendaki sebaiknya cek kembali perlengkapan mendaki dan kondisi kesehatan mendaki. Dan juga jangan lupa berdoa sebelum memulai mendaki.

Pada pendakian jalur Selo ini Anda akan menjumpai beberapa titik pos sebelum mencapai puncak Kenteng Songo dari Gunung Merbabu 3.142 mdpl. Pada pos-pos yang akan Anda jumpai dalam perjalanan mendaki, di pos tersebut juga bisa Anda gunakan untuk beristirahat dan juga membuat camp bermalam jika hari sudah mulai gelap.

Berikut ini informasi singkat mengenai pendakian Gunung Merbabu jalur Selo.

Pertama Anda akan disambut dengan gerbang masuk hutan taman nasional Gunung Merbabu. Dari sini trek menuju pos 1 ini bisa dibilang trek yang landai dengan pemandangan pepohonan yang asri. Pos 1 bisa Anda tempuh dengan waktu kurang lebih 2,5 jam dari bascamp.

Pos 1 menuju pos 2 waktu yang ditempuh kurang lebih sekitar 30 menit. Pada pos 2 ini Anda akan dihadapkan dengan tanjakan setan atau tanjakan yang sangat ekstrim. Di pos 2 ini Anda juga bisa mendirikan camp untuk bermalam, namun kami sarankan tidak usah bermalam di pos ini jika tidak mendesak.

Pos 2 menuju pos 3 merupakan trek yang paling pendek dibandingkan pos-pos yang lain. Trek yang disuguhkan tidak terlalu ekstrim dan masih banyak bonus atau trek landai pada jalur ini. Pos 3 ini memiliki dataran yang luas, sehingga banyak pendaki yang membuat camp di pos 3 ini. Selain itu pemandangan di pos 3 ini juga indah, Anda bisa menjumpai tumbuhan edelweis di sekitar pos 3 ini. Jika cuaca bersahabat dan tidak berkabut Anda bisa melihat puncak Gunung Merapi di sisi selatan. Karena letak pos tiga ini berada di bawah Sabana 1 maka Anda juga bisa melihat trek berat menuju Sabana 1.

Pos 3 menuju Sabana 1 jarak yang ditempuh tidak terlalu lama tergantung dari kekuatan fisik para pendaki untuk melewati trek ekstrim menuju Sabana 1. Perlu banyak tenaga dan keterampilan dalam mendaki menuju Sabana 1. Sudut kemiringan trek ini hampir mendekati 80 derajat. Namun kelelahan saat melewati trek ini akan tergantikan pemandangan indah di Sabana 1. Sabana 1 menjadi tempat paling favorit ketika mendaki Gunung Merbabu.

Sabana 1 menuju Sabana 2, untuk bisa keluar dari Sabana 1 Anda hanya melewati satu bukit saja dengan suguhan pemandangan padang rumput yang indah. Selain itu Anda akan menjumpai satu trek yang mirip ketika menuju ke Sabana 1. Seperti halnya Pos 3 dan Sabana 1, Sabana 2 ini juga menjadi pos yang difavoritkan oleh para pendaki. Sabana 2 ini memiliki tanah yang luas dan dikelilingi oleh perbukitan yang melingkar.

Sabana 2 menuju Puncak Kenteng Songo Gunung Merbabu hanya memerlukan waktu sekitar 1 sampai 2 jam saja. Puncak Keteng Songo juga terkenal dengan nama puncak Trianggulasi. Trek menuju puncak Kenteng Songo ini terdiri dari trek yang mirip dengan trek Pos 3 menuju Sabana 1.


Post a Comment for "Jalur Pendakian: Gunung Merbabu Jalur Selo"