Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mengatasi Suhu Dingin di Gunung

Mengatasi Suhu Dingin di Gunung
Photo by Muhammad Syahroyni

Suhu dingin terutama di gunung dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti; durasi lamanya waktu penyinaran matahari, ketinggian suatu tempat, perbedaan garis lintang, iklim disuatu wilayah, dan tekanan udara. Tentunya suhu dingin di gunung akan mempengaruhi keadaan tubuh kita sebagai pendaki. Ada beberapa tips untuk mengatasi suhu dingin di gunung.

Mengatasi Suhu Dingin di Gunung:

1. Aklimatisasi

Lakukan aklimatisasi atau penyesuaian tubuh terhadap suhu dan kondisi alam sekitar. Usahakan untuk tetap bergerak agar energi dan keringat selalu keluar dari tubuh. Ketika tubuh tidak bergerak maka akan meningkatkan resiko kedinginan.

2. Pastikan Pakaian Tetap Kering

Usahakan pakaian tetap kering karena pakaian yang basah akan menjadikan suhu tubuh semakin kedinginan. Jika pakaian basah karena keringat atau air hujan usahakan untuk menggantinya dengan yang kering terutama saat istirahat.

3. Hindari Pakaian Yang Tidak Dapat Menahan Dingin

Sebaiknya hindari pakaian yang tidak dapat menahan dingin seperti pakaian berbahan jeans dan pakaian-pakaian tipis. Sediakan jaket atau pakaian yang dapat menahan dingin dan angin.

4. Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup untuk mengistirahatkan tubuh setelah mendaki. Istirahat yang kurang akan membuat kesadaran semakin berkurang, hal ini juga akan berimbas pada rasa dingin yang semakin menyerang tubuh.

Post a Comment for "Mengatasi Suhu Dingin di Gunung"